Selasa, 01 Juli 2008

Cara Membuat Kemilau Body Menggunakan Krom


Bikin Kemilau Bodi dengan Krom KelirPernah dengar khan cat krom buat plastik ? Itu lho krom plastik yang biasa dipakai untuk piala, miniatur, mainan dll. Nah sekarang nggak hanya rangka besi yang bisa dibikin silau, plastik cover bodi motor juga bisa dibikin kemilau.

Ternyata tak gampang buat ngekrom bahan plastik atau PVC. Prosesnya jauh berbeda dengan proses krom besi. Karena itu tak semua perusahaan jasa krom bisa membuat cover bodi jadi kemilau.
Jika dalam proses krom besi dengan mencelupkan bahan ke larutan vernekel, krom plastik nggak jauh beda dengan proses pengecatan. "Paling penting plastik yang bakal dikrom harus bersih dari cat," terang Felix, juragan PT Cahaya Selaras Lestari di Kedung Cowek 183 Surabaya.
Pencucian dilakukan menggunakan tiner yang tidak merusak bahan plastik. Setelah itu proses mendempul atau base coat dengan bahan cair, gunanya melapisi dan menutupi pori-pori media agar krom plastik agar rata.
Usai media jadi resik dan halus langsung masuk oven dan dipanasi selama 5-6 jam. Suhunya diatur 70 derajat agar krom lengket. Keluar mesin oven langsung dipindah ke ruang pendingin, didiamkan dengan suhu minimal 0-10 derajat sekitar 1 jam. Gunanya agar cairan krom lebih halus. Setelah itu bahan yang sudah kinclong ini langsung masuk mesin vakum. Di sini warna sudah terbentuk yang diawetkan dengan clear. Mau lebih awet, gunakan clear mahal.
Enaknya krom plastik, nggak cuma kemilau bak kaca, tapi bisa berkelar-kelir seperti ; emas, merah, hijau, dan biru. Yang Bisa dikromBahan yang bakal dikrom juga dibedakan jadi 5 jenis. Pertama jenis ABS, contohnya ; tutup aki, airscoop tiger, batok lampu, cover samping, sepatbor depan, fairing. Nah jenis plastik yang pertama ini paling awet dikrom plastik, karena selain permukaannya halus bahan plastiknya juga bagus. Dengan perawatan rutin krom ini sanggup bertahan 3 tahun.
Jenis lainnya yaitu bahan fiberglass yang biasa dipakai body kit, jenis HI, jenis aklirik, dan jenis PP (Poly Propelyn). "Biasanya bahan ini nggak dicat mulai dari pabriknya karena memang permukaannya susah dicat, misalnya filter, tengah cover, belakang batok lampu, sepatbor belakang new Shogun," terang Effendy yang juga juragan PT Cahaya Selaras Lestari, satu-satunya perusahaan yang bisa bikin krom plastik.
Nah yang terakhir ini keawetannya rentan sekali. Sekali tergesek plastik kromnya bakal cepat terkelupas.
PerawatanPerawatan krom plastik juga relatif gampang malah tak sesulit krom besi yang harus dielus setiap hari. "Seperti cat, nggak perlu digosok tiap hari. Asal kotor dimandiin dan dilap dengan Kanebo dan Kit agar mengkilap. Gitu aja sudah ok," jelas Effendy.
Tipsnya supaya nggak gampang rusak; jangan sampai kena senggol dan tergores. Hati-hati saat parkir, kalau kena tangan jaim bisa gampang lecet dan rusak. Juga jangan sering disentuh tangan berkeringat, soalnya warnanya bisa berubah lho ?



Logam yang bisa dikrom antara lain besi, tembaga, kuningan serta diral. Jelas prosesnya beda antara bahan satu dengan lainnya. Khusus Diral harus melalui 7 proses. Yang jelas mesti dibersihkan dulu untuk menghilangkan cat atau kotoran minyak yang menempel "Untuk menghilangkan cat bisa menggunakan neorefer yang banyak dijual di toko karena sering dipakai tukang cat duco. Kemudia dipoles dengan alat amrik," jelas Slamet. (gbr-1 a & 1b)
Kalopun ingin menggunakan ampelas untuk membersihkan sisa cat atau minyak teesebut harus bertahap butuh waktu. Slamet memberikan tips, mengampelas memakai yang kasar dahulu kemudia halus, mulai dari 180 sampai 1000 angka ukuran tebal tipis ampelasnya.
Setelah bersih dari semua itu baru masuk ke proses pertama yaitu Degrasing. Degrasing ini semacam zat kimia untuk menghilangkan kotoran yang masih menempel di diral atau almu. Terus digiring ke bagian proses Sochcleaner, bagian untuk mencuci logam dari bagian yang paling dalam sekalipun.
Ketiga proses Acidep berfungsi untuk menyedot unsur logam yang tidak bisa menempel dengan krom seperti seng, perunggu, timah. Ke empat proses Bondaldep, ini untuk melekatkan unsur almunya (gbr-2). Setelah 4 proses pertama dilalui baru 3 proses terakhir.
Pada 3 proses terakhir ini logam diral tersebut dimasukan pada bak yang diberi cairan unsur tembaga. Tembaga tersebut dibagi menjadi 2 bagian Coper Zeanit serta Coper Acid. "Proses tembaga merupakan hal terpenting untuk melihat kualitas krom," bilang Slamet (gbr-3).
Dari Tembaga baru proses Nikel. Sebuah bak beriskan cairan unsur Nikel (Gbr-4).. Baru terakhir krom, proses ini mengunakan aliran listrik yang memanfaatkan kutub positif serta negatif untuk menghasilkan krom tersebut. (gbr-5).
Kalo yang tadi khusus diral dan almu, lain lagi dengan besi. Logam besi nggak perlu melalui 4 proses pertama, tapi langsung ke proses tembaga, nikel lalu krom. Tapi sebelumnya harus dibersihkan serta poles dulu seperti proses logam diral almu di atas.
Untuk proses tembaga memakan waktu 2 menit sebanyak 3 kali cuci. Proses nikel setengah jam, cuci juga 3 kali. Sedangkan proses kromnya cuma 5 detik doang. Itu dilakukan satu kali nggak perlu berkali-kali seperti anggapan orang awam. Waktu tersebut sama untuk krom biasa atau hard krom mulai dari logam besi atau diral almu.
Hard Krom Mengenai Hard krom, prosesnya sama seperti krom pada logam besi. "Cuma bahan kimianya aja yang harus ditambah. Nah ini rahasia pabrik," menolak membeber tambahan bahan kimia yang dipakainya.
Kualitas hard krom jelas di atas krom biasa. Sebab meski sampai dibubut sekalipun kagak mempan, bahkan pisau bubut bisa patah. Baru bisa terkelupas kalo digerinda.

PROSES KINCLONGISASIVerkrom dibagi menjadi dua ; krom biasa dan hard krom. Yang kali pertama jelas kudu ngerti dulu bahan logamnya sebelum melakukan krom. "Ini menentukan apakah krom tersebut bisa melekat apa tidak ?" terang Slamet pemilik Victory Crome.
sumber : www.ototrend.com

10 komentar:

m arifin mengatakan...

bozzzzzzzzzzzzzz gwe bayar ne ??? siapa j yang bz bantu gwe but tau cara buat krom besi, n plastik??

m arifin mengatakan...

iya??? gwe tau tp bahan nya t apa n cara nya t g mana?????

_die^ry mengatakan...

kira" btuh biaya brp ya bwt ngekrom besi??????? ksh tw dnk bozzz....

krom mengatakan...

gimana proses lengkap mulai awal buat krom untuk logam serta bahan2 apa yang diperlukan?

chusna mengatakan...

tolong dibales komentar gwe???

chusna mengatakan...

gimana proses lengkap mulai awal buat krom untuk logam serta bahan2 apa yang diperlukan?

Admin mengatakan...

Chrom Plastik tidak sama dengan Vacum Plating.
Ingin belajar Chrom >>> www.metalindoabadi.com.

candra mengatakan...

bisa nggak chrom cover body vario dgn warna hologram..ongkosnya berapa?? full body..thx

Gelora Muda mengatakan...

keren. sayangnya cuma copast.

Rahasia Kuat seks 1 - 3 jam, Memperbesar, Memperpanjang.
Hasil Permanen, Tanpa Obat. 100% alami dan berhasil.

www.rahasia-lelaki.com

Zucx Crust mengatakan...

Gan, Bahan dasar Chromenya apa aja kl boleh tau?